DOA MEMOHON RASA KASIH SAYANG ALLAH

 

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ حُبَّكَ وَحُبَّ مَنْ يُحِبُّكَ وَالْعَمَلَ الَّذِيْ يُبَلِّغُنِي حُبَّكَ اللَّهُمَّ اجْعَلْ حُبَّكَ أََحَبَّ إِلَيَّ مِنْ نَفْسِيْ وَأَهْلِيْ وَمِنَ الْمَاءِ الْبَارِدِ
– رواه الترمذي –

ALLÂHUMMA INNÎ AS`ALUKA HUBBAKA WA HUBBA MAN YUHIBBUKA WAL AMALAL LADZÎ YUBALLIGHUNÎ HUBBAKA. ALLAHUMAJ ‘AL HUBBAKA AHABBA ILAYYA MIN NAFSÎ WA AHLÎ WA MINAL MÂ’IL BÂRID
(HR. At-Tirmidzi – 3412)

Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu kasih sayang-Mu dan sayang kepada orang-orang yang menyayangi-Mu dan aku memohon kepada-Mu perbuatan yang dapat mengantarku kepada rasa sayang-Mu. Ya Allah, jadikanlah kasih sayang-Mu lebih kusayangi daripada diriku, keluargaku, dan air yang dingin (di padang yang tandus).” (HR. At-Tirmidzi – 3412)

Sayang kita kepada Allah tidak datang begitu saja, melainkan kita harus berusaha untuk memohon dan menggapainya. Orang yang menyayangi Allah lebih dari segalanya, insya Allah akan disayangi oleh semua makhluk di langit dan di bumi. SAYANG ALLAH, Inilah sebenarnya kasih saying sejati dan abadi, baik ketika di dunia, di alam kubur, dan kelak di alam akhirat.

Rasulullah SAW bersabda, “Bila Allah menyayangi seorang hamba, maka Allah berseru kepada Jibril, “Sungguh Allah menyayangi Fulan, maka sayangilah dia.” Jibril pun menyayanginya. Kemudian Jibril berseru kepada penghuni langit, ”Sungguh Allah menyayangi Fulan, maka kalian sayangilah dia.” Penghuni langit pun menyayanginya. Kemudian ditanamkanlah rasa kasih sayang itu kepada penghuni bumi kepadanya.” (HR Bukhari 5580).

Menggali hikmah rasa sayang, kita akan bertemu dengan kata BISMILAHIRROHMANIRROHIM, “Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.” (Al-Fatihah: 1). disini ada dua kata yaitu Ar-Rahman adalah sifat bagi-Nya, sedangkan nama Ar-Rahim mengandung perbuatan-Nya, yakni menunjukkan bahwa Dia memberi kasih sayang kepada makhluk-Nya dengan rahmat-Nya, jadi ini sifat perbuatan bagi-Nya. Perhatikanlah firman Allah:
“Dan adalah Dia Maha Penyayang kepada orang-orang yang beriman.” (Al-Ahzab: 43)
“Sesungguhnya Allah Maha Pengasih lagi Maha Penyayang kepada mereka.” (At-Taubah: 117)

Allah tidak menyebutkan dengan nama Ar-Rahman sama sekali. Dengan itu, kita tahu bahwa makna Ar-Rahman adalah Yang memiliki sifat kasih sayang dan makna Ar-Rahim adalah Yang mengasihi dengan kasih sayang-Nya. Demikian sedikit uraian semoga ada manfaatnya. Salam paseduluran.



Mabes Laskar Khodam Sakti

Makamhaji RT 01/RW 03 Kartasura
(Selatan RS Yarsis solo)
Solo, Jawa tengah
PIN BBM D08153AC

tarekat sumbawa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *