ILMU UNTUK PIDATO

Pidato atau berbicara di depan khalayak publik tentu membutuhkan skill/keterampilan dan pengalaman. Seorang juru kampanye, seorang pejabat publik, pembicara, penceramah, salesman, dll adalah mereka yang umumnya sudah menguasai teknik dan materi pidato yang sudah dipersiapkan secara matang. Oleh karena itu menguasai teknik berpidato tentu merupakan tuntutan bagi mereka yang ingin agar ide-idenya didengar dan diikuti orang lain.

Berikut ada ilmu yang berfungsi sebagai penguat dan stimulus agar kita bisa menjadi ahli pidato. Caranya:

1. Giat berlatih berbicara di hadapan orang banyak, tahap awal ungkapkan ide dan gagasan anda kepada minimal dua orang atau lebih

2. Kuasai diri dan jangan minder. Cara menghindari atau paling tidak mengurangi sifat minder adalah dengan “menganggap” bahwa masing-masing orang itu punya kelebihan, termasuk Anda. Ingatlah anda ini adalah CIPTAAN ALLAH SWT, Dzat yang Maha Mulia sehingga anda juga memiliki kemuliaan yang sama dengan yang lainnya.

3. Bacalah doa berikut sebelum pidato: BISMILLAHIRROHMANIRROHIM.  NUR TAJALLI SIFATULLAH, SIFAT AKU KALAM ALLAH, TERANG HATIKU HAMBA ALLAH, SEPERTI MUHAMMAD RASULULLAH, BERKAT DOA LAILAHA ILALLAH, BERKAT MUHAMMADARRASULULLAH.

4. Selanjutnya mulailah berpidato dengan gaya bahasa yang lancar dan tenang. Sapalah pendengar/hadirin dengan ucapan pembuka, misalnya ASSALAMUALAIKUM WR WB… SELAMAT PAGI, SALAM SEJAHTERA dll dan berikanlah kata pembuka yang baik dan sopan. Sampaikan materi pidato dengan jelas dan gamblang.

5. Akhiri dengan ucapan terima kasih kepada pendengar/hadirin dan tutup dengan kalimat dan doa yang baik, misalnya WASSALAMUALAIKUM WR WB dll.

Demikian sedikit uraian dari saya, semoga ada manfaatnya.

salam asah asih dan asuh. Rahayu kang sami pinanggih.



Mabes Laskar Khodam Sakti

Jl. Elang Raya , Gonilan, Kartasura

Solo, Jawa tengah
WA +6285879593262

Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.