HIBURAN SEPAK BOLA API

 

vvv

Permainan sepakbola api adalah hal yang lumrah di Indonesia, terutama di pondok-pondok pesantren saat melakukan perayaan hari besar keagamaan. Namun, bagi orang luar negeri sepakbola api adalah hal yang menakjubkan. Empat media Inggris The Sun, Daily Mail, Mirror, serta Huffington Post beberapa saat lalu menulis tentang sepakbola api di salah satu pesantren yaitu pesantren Lirboyo, Kediri, Jawa Timur. Media Inggris memuji kemampuan santri-santri dalam memainkan sepakbola api selama 60 menit tanpa mengalami luka bakar.
13410747562115024678“Pemain top kita (Inggris) akan mengalami kesulitan jika mereka memainkan sepakbola di Indonesia. Pesepakbola Indonesia memainkan sepakbola 60 menit, bermain telanjang kaki menggunakan kelapa terbakar yang sebelumnya direndam dengan minyak tanah selama dua hari,” tulis Daily Mail. Sedangkan The Sun menulis, “Premier League melahirkan sejumlah pemain terpanas di dunia, tapi mereka tidak ada apa-apanya dibanding pesepakbola indonesia ini.”
Di Indonesia, bermain sepak bola api sudah menjadi hal yang lumrah untuk hiburan. Sepak bola ini, tak jauh berbeda dengan pertandingan sepak bola biasanya. Hanya saja, dalam pertandingan ini, bola yang dipakai terbuat dari sebutir kelapa yang air kelapanya sudah dibuang. Selanjutnya kelapa direndam dalam minyak tanah 2 hari. Kemudian, angkat dan kelapa tersebut siap untuk dimainkan dengan cara disulut dengan api.
1024Siapa saja bisa melakukan hal ini. Asalkan orang tersebut mau dan berani menendang bola api. Kalau kita renungkan kegiatan ini biasanya semata-mata menghibur dan juga bentuk syiar Islam. Supaya bisa mengajak masyarakat untuk senantiasa mendekatkan diri kepada tuhan yang maha kuasa. Selain itu, guna mempererat tali persaudaraan antar sesama. Kaki tidak akan terasa panas ketika menendang bola api itu dan cukup menantang adrenalin. Untuk menghilangkan panas yang ada di kaki biasanya digunakan ramuan herbal tradisional, garam dan sirih.
4110342_20121011025006Kalau orang belum pernah main sepakbola api, biasanya seseorang akan merasa gugup dan khawatir jika kakinya akan melepuh ketika menendang bola. Tapi, ternyata saat menendang bola api kaki tak merasakan panas. Cuma bulu kaki pada habis dilalap api. Selain itu, ada sedikit sakit, lantaran bola yang dipakai terbuat dari kelapa. Jadi caranya tidak perlu terlalu keras menendangnya. Mau mencoba? Silahkan… siapa tahu anda terhibur di tengah situasi yang penat menghimpit karena banyaknya masalah hidup yang tidak terpecahkan…



Mabes Laskar Khodam Sakti

Jl. Elang Raya , Gonilan, Kartasura

Solo, Jawa tengah
WA +6285879593262

Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.