Kedai sufi: SEMATA-MATA KARENA CINTA

KLX

”Bagaimana kamu hari ini, wahai Haritsah?” Tanya Nabi SAW kepada sahabat Nabi ternama, Haritsah.

“Aku sungguh beriman, ya rasulullah” kata Haritsah.

“Apa buktinya?” tanya Nabi.

“Aku telah memalingkan jiwaku dari dunia ini. Itulah sebabnya di siang hari aku haus dan di malam hari terjaga, dan rasa rasanya aku melihat Arasy Tuhanku menghampiriku, dan para penghuni syurga sedang bersuka ria dan para penghuni neraka sedang menangis” ujar Haritsah.

Nabi SAW bersabda,” itulah seorang mukmin yang hatinya telah dibukakan ALLAH. Kau telah tahu Haritsah, maka camkanlah.”

Sikap Haritsah ini dalam terminologi Tasauf disebut Zuhud. Yaitu  menyingkirkan apa apa yang biasanya disenangi dan diinginkan hati, karena yakin ada sesuatu yang lebih baik untuk meraih DERAJAT yang tinggi di sisi ALLAH SWT.

Syeikh Abdul Samad Al Palimbani mengatakan bahawa ada tiga rukun kezuhudan. 1.   Meninggalkan sesuatu karena menginginkan sesuatu yang lebih baik lagi. 2.   Meninggalkan keduniaan karena mengharapkan  akhirat. 3.   Meninggalkan segala sesuatu selain ALLAH karena mencintai-NYA.

Untuk tingkat zuhud ini, Imam Ahmad Ibnu Hambal mengklasifikasikan tingkatan zuhud yakni: 1.   Zuhudnya orang orang awam ialah meninggalkan hal hal yang haram. 2.   Zuhud orang orang yang khawas (khusus) iaitu meninggalkan hal yang berlebih lebihan (al fudhul) meskipun barang halal. 3.   Zuhud orang Arif iaitu meninggalkan segala sesuatu yang dapat memalingkan daripada mengingati ALLAH.

Sementara Imam Al Imam Ghazali mengklasifikasi zuhud menjadi tiga peringkat yakni 1.   Tingkat terendah ialah menjauhkan dunia agar terhindar dari hukuman di akhirat. 2.   Tingkat kedua ialah mereka yang menjauhi dunia karena ingin mendapatkan imbalan  di akhirat. 3.   Tingkat tertinggi ialah zuhud yang ditempuh bukan lagi karena takut atau harap, tetapi semata mata karena cinta kepada ALLAH SWT.

Kalau teori tentang zuhud sudah jelas. Marilah berzuhud.



Mabes Laskar Khodam Sakti

Makamhaji RT 01/RW 03 Kartasura
(Selatan RS Yarsis solo)
Solo, Jawa tengah
PIN BBM D08153AC

koin banyak hoki1000

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *