ASMAK AL MALIK

Assalamu’alaikum Wr Wb

Hanya milik Allah Nama-Nama Yang Baik (Asma’ul Husna), Maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut Asma-ul Husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-nama-Nya. nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang Telah mereka kerjakan.

(QS. Al-A’raaf [7]:180)

Asma Al Husna, merupakan Asma Allah yang memiliki sifat-sifat tersendiri, serasi selaras dengan keadaan dan kebutuhan hidup dan kehidupan manusia seutuhnya di dalam mengamalkan amanah hidup dari Allah SWT. Dan dengan Asma-asma Allah tersebut, Allah SWT memerintahkan manusia untuk berdoa dan memohon kehadirat Allah SWT bila merasa membutuhkan sesuatu.

Salah satu Asma Al Husna yang cukup sering digunakan untuk memohon pada Allah SWT adalah Al-Malik, yaitu Allah Yang Maha Merajai. Dalam kesempatan ini penulis memohon kepada Allah SWT agar kiranya diberi kemudahan untuk sekedar berbagi setetes air dalam samudra kekuasaan Allah tentang salah satu cara memohon pada Allah dengan Asma Al-Malik kepada poro sedulur.

Asma Al Malik

بِسْمِ اللهِ يَامَلِكِ يَامَلِكَ ،

يَا مَلِكُ ، يَامَلِكُ ، يَا مَلِكُ ،

Bismillah Ya Maliki Ya Malika

Ya Malik Ya Malik Ya Malik

Penjelasan :

Asma Al Malik ini merupakan Asma yang memiliki dua makna tergantung dari pembacaannya. Pertama adalah makna sesuai dengan makna bahasa Arab, kedua merupakan makna dalam bahasa Jawa/Sunda.

Makna dalam bahasa Arab:

  • Al Maliki merupakan salah satu Asma ul Husna yang berarti Yang Maha Merajai.
  • Maliki, merupakan bentuk dari kata Al Malik yang dinisbahkan pada sosok yang bersifat Maskulin. Maksudnya kita memohon pada kekuasaan Allah yang Maha Merajai dengan sifat Maskulin-Nya, ketegasan, kekuasaan, memaksa dan mengatur serta sifat-sifat maskulin lainnya.
  • Malika, merupakan bentuk dari kata Al Malik yang dinisbahkan pada sosok yang bersifat feminin. Maksudnya kita memohon pada kekuasaan Allah yang Maha Merajai dengan sifat Feminin-Nya, perlindungan, mengayomi, memelihara dan lain sebagainya.

 Makna bahasa Jawa/Sunda:

Ya Maliki, ketika dilafadzkan dengan lidah Jawa/Sunda bisa menjadi Ya Malik Iki (Yo Malik Iki), yang artinya ya membalik yang ini.

Ya Malika, ketika dilafdzkan dengan lidah jawa/Sunda bisa menjadi Ya Malik Ika (Yo Malik Iko) , artinya ya membalik yang itu.

Ya Malik Ya Malik Ya Malik, ketika diucapkan oleh lidah Jawa/Sunda akan terdengan seperti Yo Malik Yo Malik Yo Malik. Artinya ya balik (membalik).

Maksudnya adalah memohon agar sesuatu kondisi yang tidak menyenangkan dihadapan kita dapat berbalik, berubah sesuai dengan harapan kita.

 Manfaat:

Ya Malik merupakan asma Allah SWT yang berarti Merajai/Maha Raja, ini mengandung Hikmah pengaturan atau manajerial. Yaitu pengaturan Ilahi terhadap sesuatu yang diluar jangkauan/daya manusia. Sehingga Asma ini termasuk amalan yang multi fungsi, dapat dipakai untuk berbagai hajat kita terutama yang berhubungan dengan pengaturan Ilahi. Meskipun termasuk amalan multi fungsi, asma ini sesuai dan cepat bereaksi ketika kita di dholimi terutama bila orang/pihak yang mendholimi kita menyandarkan diri pada kekuatan selain Allah SWT.

 Tata Cara :

Untuk “membeli” Asma ini bisa dengan dua cara, yaitu dijadikan amalan rutin setiap ba’da shalat sebanyak-banyaknya dengan penuh penghayatan.

Yang kedua dengan berpuasa 3 hari terlebih dahulu (biasanya dengan memilih hari-hari yang memiliki jumlah neptu 41). Puasa diniatkan untuk membersihkan dan memohon ampun jiwa dan raga pada Allah SWT, selama puasa perbanyak istighfar, sholat taubat dan hajat. Selama berpuasa asma ini dibaca 111 kali.

 Semoga amalan yang saya berikan ini bermanfaat buat dulur semua, salam persaudaraan dan salam kenal bagi semua dulur kwa di seluruh penjuru bumi. Terimakasih pada pengasuh blog ini. Mohon maaf apabila ada kesalahan tulis dari kami, mohon maaf juga kapada semua yang berbeda pemahaman dengan kami, semoga kami terlindung dari prasangka dan sifat syaitoniyah (iri, drengki, hasut, riya’, ujub, merasa benar sendiri dll, amien).

Wallahu alam bishowab

Wassalamu’alaim Wr Wb

PA Wijaya




Mabes Laskar Khodam Sakti

Jl. Elang Raya , Gonilan, Kartasura

Solo, Jawa tengah
WA +6285879593262

Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.